General
Pemilik bisnis yang bijak tahu untuk mengikuti kebutuhan pelanggan mereka. Salah satu cara untuk mengikuti pelanggan adalah memahami karakter pelanggan. Setiap generasi tumbuh dan berkembang di dalam berbagai kondisi yang berbeda. Kini dengan berjalannya waktu, perusahaan harus siap untuk memahami karakteristik Gen-Z, setelah millenials, untuk dapat membidik mereka di masa depan.

Dari segi ekonomi, menurut survei Nielsen, Generasi Z sudah memengaruhi perputaran ekonomi dunia sebagai 62 persen konsumen pembeli produk elektronik. Ini dipengaruhi oleh kehidupan mereka yang sudah serba terkoneksi dengan internet.

Berikut ini adalah panduan sederhana untuk membantu Anda mengoptimalkan bisnis Anda untuk melayani generasi ini dengan lebih baik dan meningkatkan customer experience mereka secara keseluruhan.

Hadir Di Digital

Sama seperti generasi millenial, Gen-Z, yang lahir antara tahun 1995-2012 ini tumbuh dan berkembang di internet. Gen-Z sangat percaya diri tentang keterampilan teknologi mereka dan tidak dapat dipisahkan dari internet. Ini berarti bisnis yang ingin terhubung dengan generasi Z harus memiliki keberadaan online yang kuat. Sekarang ini penting untuk menunjukkan bahwa bisnis tidak hanya harus aktif tetapi mudah dijangkau pada waktu tertentu.

Pastikan Anda mempertimbangkan bagaimana bisnis Anda akan terhubung dengan generasi ini melalui aplikasi media sosial yang mendukung gambar saat ini, seperti Snapchat dan platform singkat lainnya.

Pentingnya Personalisasi

Hal lain yang cukup penting bagi generasi baru ini adalah perhatian. Yang harus Anda ingat adalah bahwa generasi Z telah tumbuh dengan teknologi, dan ini telah mengubah harapan mereka. Kelompok orang muda ini sangat mengharapkan respon anda yang cepat dengan tingkat personalisasi tertentu.

Generasi yang lebih tua mungkin tidak terlalu suka berbagi informasi pribadi dengan perusahaan, tetapi Gen-Z tampaknya tidak terlalu peduli asalkan bisnis bertanggung jawab dengan data mereka. Anda dapat menggunakan cookie dan alat internet lainnya untuk mengumpulkan informasi untuk menyediakan layanan yang dipersonalisasi.

Dengan personalisasi anda dapat menawarkan produk atau layanan yang menurut Anda akan menarik generasi ini. Anda juga harus menemukan cara untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen muda ini; misalnya, Anda dapat menawarkan kartu debit prabayar yang dirancang untuk orang di bawah 18 tahun (banyak Gen Z masih termasuk dalam kategori ini).

Anda perlu menganalisa data interaksi dengan pelanggan anda, dan harus dapat mengidentifikasi alasan utama dari interaksi yang panjang, berulang dan lain-lain, yang mengarah ke identifikasi peluang untuk meningkatkan proses di dalam organisasi.

Efisiensi dan swalayan

Teknologi yang responsif telah menciptakan harapan tertentu yang harus dipenuhi semua bisnis. Generasi ini ingin agar perusahan menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Anda perlu memastikan tidak ada gangguan saat pelanggan menggunakan web Anda, dan mereka dapat menggunakan layanan anda dengan mudah. Anda juga perlu memikirkan otomatisasi pada setiap proses untuk dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan efisien.

Konsumen muda ini juga sangat ingin melakukan semuanya sendiri, anda bisa menggunakan chatbot dan artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka di web anda.

Konsisten di semua media sosial

Anda akan menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan generasi baru ini, tetapi penting bagi Anda untuk memastikan bahwa merek perusahaan anda dapat dikenali di setiap platform media sosial yang ada. Hal ini bisa sedikit rumit karena setiap platform memiliki pendekatan yang berbeda, beberapa lebih fokus terhadap photo, video, atau obrolan.

Dengan konsistensi di setiap media maka anda dapat menciptakan keakraban di antara generasi muda ini, yang cukup penting mengingat betapa tidak loyalnya konsumen muda ini.

Ya, dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi ini tidak merasa harus terikat dengan merek yang mereka konsumsi. Kenyataan ini berarti Anda harus bekerja lebih keras lagi agar mereka tetap tertarik.

Mudah-mudahan, beberapa saran ini dapat membantu perusahaan anda lebih mudah untuk terhubung ke generasi yang baru muncul ini yang akan mewakili sebagian besar basis konsumen di masa depan.

Ingatlah bahwa ini adalah proses pembelajaran, jadi perhatikan pelanggan Anda, dan terus perbaiki bisnis Anda untuk melayani mereka.